News

Habiskan Akhir Tahunmu Dengan Pemandangan Elok Di Bukit Karang Para

Pemandangan Elok Di Bukit Karang Para

Siapa yang tidak suka berwisata? Berwisata menjadi salah satu agenda wajib, tidak hanya bagi sekolah tetapi karyawan kantoran pun ternyata juga membutuhkannya. Berwisata menjadi salah satu alternatif singkat untuk melepas penat. Kegiatan ini dapat diwujudkan dengan berkunjung ke tempat terdekat hingga tempat yang memakan waktu hingga berhari-hari.

Institusi pendidikan, seperti sekolah, biasanya melakukan kunjungan wisata ke tempat-tempat yang menyediakan wahana edukasi. Hal ini bertujuan agar muridnya tidak senang-senang semata, tetapi juga mendapat pengetahuan baru selama melakukan kunjungan wisata. Transportasi yang paling sering digunakan adalah bis karena dapat menampung banyak orang dengan harga yang terjangkau. Bagi yang berdomisili Jakarta, sewa bus pariwisata Jakarta pasti juga melayani wisata edukasi, tergantung permintaan pihak sekolah.

Museum Purba Sangiran: Edukasi di Tengah Kunjungan Wisata

 

Museum Purba Sangiran

Salah satu tempat yang biasanya menjadi tujuan wisata edukasi adalah Museum Purba Sangiran. Objek wisata ini terletak di Kabupaten Sragen. Sangiran adalah situs perkembangan bermacam bidang ilmu pengetahuan, terutama guna penelitian di bidang arkeologi, geologi, antropologi, dan masih banyak lagi. Di sini, pengunjung diajak untuk menyusuri masa lampau dengan penemuan fosil manusia purba, hasil budaya di zaman purba, serta tidak ketinggalan fosil flora dan fauna.

Hingga saat ini, Sangiran masih menjadi situs fosil manusia purba terlengkap di Jawa. Sudah banyak jasa sewa bus pariwisata Jakarta yang mengantarkan murid sekolah untuk mengunjungi tempat ini. Seperti museum pada umumnya, Sangiran memajang bagaimana kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan di zaman purba. Pajangan tersebut ada yang berupa replika semata, ada pula yang merupakan fosil asli.

Dalam rangka wisata edukasi, biasanya pihak Museum Sangiran menyediakan tour guide yang menjelaskan fungsi dan gambaran setiap ruangan, replika, serta fosil yang dipajang. Dengan tujuan pengunjung dapat memahami proses perkembangan dan budaya manusia di zaman dulu. Meski ada tulisan-tulisan yang menjelaskan secara singkat, tour guide akan menjelaskan lebih baik agar tidak terjadi kesalahpahaman. Ditambah lagi dengan aturan-aturan tertentu agar tidak merusak fosil asli yang dipajang di dalam museum.

Singkat kata, Museum Purba Sangiran memberikan fasilitas kunjungan wisata sekaligus edukasi di bidang sejarah. Dengan tiket yang sangat terjangkau, pengunjung bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang masih akan terus berkembang selama fosil-fosil baru masih ditemukan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera sewa bus pariwisata Jakarta dan berkunjung ke Sangiran untuk menyelami masa lampau.