News

5 Peluang Bisnis Percetakan yang Harus Dicoba!

Peluang Bisnis Percetakan

Bila saat ini kamu sedang ingin merintis bisnis namun bingung bisnis apa yang cocok maka kamu bisa mencoba bisnis yang satu ini. Yap! Bisnis percetakan. Sering kali kita melewatkan beberapa detil yang sebenarnya bisa menjadi peluang. Misalnya dengan menyadari bahwa terdapat berbagai acara yang membutuhkan undangan agar para tamu datang tepat waktu atau berapa banyak divisi dalam perusahaan yang membutuhkan kalender. Belum lagi pada saat season yang membutuhkan jasa percetakan dalam jumlah besar. Katakan saja pada saat Pemilihan Umum yang sering membagikan kaos bergambar calon presiden dan calon wakil presiden. Tentu kaos tersebut tidak dicetak hanya untuk pribadi, melainkan dicetak dalam jumlah banyak untuk beberapa formasi partai. Nah, sudah terbayang belum bagaimana omzet yang bisa kamu raih dari bisnis ini?

5 Bisnis Percetakan yang Dapat Menjadi Peluang

Tidak menutup kemungkinan bahwa di luar sana masih terdapat segudang pilihan untuk berbisnis. Tapi kamu harus membaca lima alasan kenapa harus mencoba bisnis percetakan. Berbagai peluang yang kami berikan di bawah ini semoga menjadi penguat bagi kamu yang ingin memulai percetakan sebagai bisnismu.

1. Memasifkan Acara Dengan Undangan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa hampir setiap acara membutuhkan undangan. Untuk berbagai acara resmi undangan adalah suatu bentuk attitude penyelenggara acara kepada tamu yang hendak diundangnya. Seseorang bisa saja mengundang dari mulut ke mulut atau via text, namun tentu untuk menghormati para tamu mereka harus diundang dengan cara yang sopan dan menyenangkan. Mulai dari pernikahan, ulang tahun sampai acara khitan, undangan dibutuhkan sebagai tanda resmi bahwa penyelenggara mengharapkan kehadiran tamu. Bayangkan jika sekali mengundang ada ribuan tamu dan di bulan yang sama ada ratusan acara, apakah bisnis percetakan masih kurang menggiurkan?

2. Kepentingan Tiap Orang Atas Kalender

Menjelang tahun baru tentu orang-orang membutuhkan kalender yang baru untuk mereka pasang, baik di dinding rumah maupun diletakkan di atas meja. Beberapa perusahaan dan instansi kerap menggandeng percetakan sebagai partner dalam mendistribusikan kalender di awal tahun. Bisnismu pasti kebanjiran order kalau gitu!

3. Poster dan Brosur

Di kalangan mahasiswa, postur dan brosur memegang peranan penting dalam hal publikasi acara yang mereka selenggarakan. Tidak hanya acara yang diselenggarakan mahasiswa saja, instansi dan lembaga yang memiliki kepentingan dalam sejumlah acara pun melakukan hal yang sama. Selain itu di awal bulan serta promo hari raya banyak brand supermarket yang membutuhkan poster, brosur serta umbul-umbul untuk mempromosikan produk mereka.

4. Sablon

Peluang yang satu ini seolah tidak pernah mati, baik dalam high season maupun low season. Beberapa jenis fashion terutama yang berbahan kaos dan tali id card membutuhkan sablon untuk mempercantik desain mereka. Pada acara keluarga, tour dari perusahaan atau pun pasangan sengaja memilih sablon untuk melengkapi out fit of the day mereka. Belum lagi saat Pemilihan Umum tiba, kaos yang diorder dalam jumlah partai tentu patut kamu pertimbangkan.

5. Bingkisan Kado

Saat ini banyak orang mulai beralih dari produk jadi menjadi produk kreatif handmade untuk kado di sejumlah perayaan, katakanlah kado pernikahan, ulang tahu atau kado wisuda. Mereka tertarik dengan sesuatu yang unik, tidak pasaran dan bisa didesain sendiri atau custom. Percetakan mendapat sejumlah keuntungan dengan berubahnya permintaan konsumen, misalnya print gambar dan foto pada bantal, mug dan binder.