News

Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari Digital Printing

Perkembangan teknologi turut menyumbang dalam perubahan dunia percetakan. Salah satu jenis percetakan yang sangat terkenal saat ini adalah digital printing. Teknik mencetak tali lanyard secara digital ini memanfaatkan gambar dan teks yang berbentuk digital awalnya, kemudian akan disimpan dalam file yang nantinya dapat dicetak dengan sangat cepat. Bisa dibilang digital jenis printing adalah teknik percetakan yang instan menggunakan mesin terbaru. Mencetak tidak perlu waktu yang lama dan mahal harganya.

Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari Digital Printing

Ada berbagai kelebihan yang didapatkan dengan metode ini dibandingkan konvensional. Anda tidak akan lagi lihat proses mencetak dengan membuat film terlebih dahulu kemudian menerapkannya pada plat. Tidak ada langkah yang panjang karena itu, bisa dibilang teknik ini lebih efisien. Hal ini baru satu kelebihan yang didapatkan dari digital jenis printing. Apabila dibandingkan dengan teknik percetakan yang lainnya, maka perbedaannya adalah berikut ini:

  1. Digital printing : Pengoperasiannya dimulai dari bentuk file gambar dan juga teks. Kemudian file akan dimasukan ke dalam alat cetak yang nantinya bisa dicetak sesuai kebutuhan.

  2. Offset printing : Proses operasinya adalah file gambar yang dimasukan ke dalam CTP baru dicetak pada media yang cocok.

  3. Screen printing : Cara mengoperasikannya lebih mudah yaitu file dimasukan ke dalam kalkir kemudian ditampilkan ke dalam screen baru dicetak pada media yang berbagai.

Mengenal Kekurangan dan Kelebihan dari Digital Printing

Apa yang menyebabkan percetakan digital lebih hebat? Alasannya adalah karena teknologi yang digunakan. Majunya teknologi digital ini tidak bisa dibandingkan dengan teknik yang lama. Baik dari segi kecepatan hingga keakuratan yang diberikan. Ketika Anda mencetak dengan mesin digital maka semuanya akan menjadi efektif dan efisien. Coba saja bandingkan dengan percetakan yang masih menggunakan teknik sablon, Anda harus membuat gambar dan pola teks, mencetaknya dan menunggu kering.

Namun jika dilihat lebih dekat, apapun teknik yang digunakan selalu memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini juga berlaku pada digital printing. Jadi sebelum Anda memilih teknik percetakan apa yang hendak digunakan maka cermati kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

  • Kelebihan yang diberikan

Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan yaitu produksi yang proses cepat bahkan akurat. Jika order banyak atau sedikit tidak akan menjadi masalah. Jika dibandingkan dengan alat cetak zaman dahulu yang hanya bisa mencetak dalam jumlah banyak. Teknik digital memudahkan konsumen bahkan untuk mencetak satu lembar saja. Tidak hanya kertas berbagai macam media seperti kain, keramik, bahkan kaca bisa dicetak dengan teknik ini.

Proses yang lebih sedikit dan simple membuat proses lebih singkat. Siapa saja yang menggunakan teknik digital akan selesai tepat waktu. Tidak perlu banyak karyawan untuk sebuah perusahaan percetakan digital beroperasi. Kemampuan yang dibutuhkan untuk bisa mengoperasikan alat ini bisa dipelajari dalam waktu singkat. Bagi pemula yang masih awam bisa mempelajarinya hanya dalam beberapa hari.

  • Kekurangan yang perlu diperhatikan

Anda mungkin tergiur untuk menggunakan printing karena harganya yang lebih murah dan cepat. Namun penting juga untuk mengetahui kekurangannya. Walaupun telah banyak kelebihan yang diberikan, bagi perusahaan percetakan perlu banyak budget untuk membeli mesin cetaknya. Selain itu persaingan yang ketat membuat setiap pengusaha bisa menyesuaikan, jika tidak maka percetakan konvensional akan kalah.

Perawatan mesin cetak yang tinggi menjadi salah satu kekurangan yang jarang diperhatikan. Mesin digital membutuhkan anggaran yang cukup tinggi karena sekali rusak perlu jasa profesional khusus dalam perbaikannya.