News

Yang Harus Kalian Perhatikan Saat Menulis Artikel dan Opini!

Memiliki keterampilan menulis yang baik bukanlah perkara yang mudah, seorang penulis harus memiliki wawasan yang luas, banyak berlatih menulis, banyak membaca, dan siap menerima kritik dan saran terkait dengan tulisan. Salah satu cara yang paling mudah untuk melatih menulis adalah dengan membuka jasa copywriting untuk beragam tulisan. Jenis tulisan yang biasa dibuat adalah tulisan artikel dan tulisan opini, kedua jenis tulisan itu memiliki gaya dan pendekatan yang sangat berbeda, hal tersebut menyebabkan penting bagi para penulis untuk mampu membedakan kedua jenis tulisan itu.

Artikel-dan-Opini

Artikel vs Opini

Seorang penulis atau penyediaan jasa copywriting harus mengetahui perbedaan mendasar dari tulisan artikel dan tulisan opini. Kedua jenis tulisan tersebut memang memiliki gaya penulisan yang berbeda tetapi keduanya tetap menyajikan fakta. Tanpa adanya fakta tulisan artikel dan tulisan opini akan menjadi tulisan fiksi yang hanya memuat khayalan penulis.

Tulisan artikel adalah sebuah karangan faktual yang menjelaskan suatu peristiwa atau kejadian, karangan tersebut harus mampu menjelaskan unsur 5W + 1H (What, Where, When, Why, Who, dan How). Perumusan tersebut merupakan pedoman bagi penulisan agar para pembaca bisa mengetahui apa isi dari tulisan ini, jangan sampai tulisan gagal menjawab enam poin tersebut. Dalam menulis artikel juga harus dipastikan bahwa penulis tidak memasukan opininya, penulis harus sangat memperhatikan fakta-fakta dalam penulisan, tidak boleh seorang penulis menuliskan kesimpulan dari fakta-fakta yang ada. Biasanya tulisan artikel berwujud hardnews, softnews ataupun tulisan feature.

Sedangkan tulisan mengenai opini adalah sebuah tulisan yang ditunjukan untuk mendeskripsikan pendapatan atau gagasan seorang penulis terkait dengan suatu peristiwa atau gagasan yang berdasarkan fakta yang ada. Tulisan opini biasanya tidak memliki unsur 5W + 1H secara lengkap. Tulisan opini diharapkan mampu untuk mempengaruhi pemikiran orang lain atau diharapkan bisa mengubah suatu kebijakan pemerintah. Biasanya artikel opini ditulis oleh seseorang yang sudah sangat kompeten di bidangnya masing-masing, wujudnya bisa berupa tajuk rencana atau artikel pendapat di media massa.