News

Ulasan Lengkap Mengenai Beton Spesial, Si Kokoh dengan Bobot Ringan!

Beton Spesial

Beton ringan, nama bahan bangunan yang satu ini seharusnya sudah tidak asing di telinga anda, karena memang banyak digunakan saat ini pada setiap proyek konstruksi seperti gedung, perumahan, hingga fasilitas publik lainnya. Terkenal dengan bobot yang ringan dari beton konvensional namun material ini terbukti menunjukkan performa terbaiknya sebagai bahan bangunan yang dapat diandalkan. Beton tipe ini memiliki kisaran bobot 300kg/m3 hingga 1850 kg/m3 dengan kuat tekan yang dimiliki mencapai 0,60 MPa hingga 6,8 MPa, tentunya dengan bobot yang lebih ringan dari jenis beton konvensional namun kuat tekan yang besar dapat menjadikan struktur yang menggunakan beton ini lebih tahan lama dan kokoh.

Beralihlah Menggunakan si Ringan yang Luar Biasa Untuk Struktur Konstruksi Anda!

Jika dahulu anda hanya mengenal jenis beton konvensional yang dari segi bobot tentunya lebih berat maka saat ini hasir beton ringan yang akan membantu efisiensi kontruksi anda tentunya dengan performa yang luas biasa. Untuk jenis beton ringan sendiri biasanya dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya :

  • Beton kelas 1 (biasa digunakan untuk konstruksi non struktural).
  • Beton kelas 2 dan 3 (biasa digunakan untuk konstruksi struktural)

Beberapa hal yang akan anda peroleh jika menggunakan jenis beton yang satu ini pada proyek konstruksi anda antara lain sebagai berikut !

  1. Beton ringan terkenal akan kuat tekannya sehingga sangat tepat jika digunakan sebagai struktur karena tidak akan mudah menyebabkan struktur “patah atau retak” nantinya.
  2. Memiliki daya absorb atau daya serap air, namun sebagian ahli bangunan banyak yang menggunakan jasa waterproofing untuk tetap menjaga kualitas beton ringan ini dari kerusakan yang disebabkan oleh air.
  3. Daya rekat yang lebih baik daripada jenis bahan bangunan lain, sehingga anda tidak perlu menambahkan banyak perekat berupa semen dan pasir seperti yang biasa dilakukan untuk jenis beton konvensional.
  4. Sangat mudah dibentuk sesuai dengan ukuran hanya dengan menggunakan alat pemotong sederhana seperti gergaji.
  5. Tahan terhadap paparan panas, kedap suara, anti jamur, dan korosi.

Hal di atas menunjukkan bahwa beton ringan merupakan bahan bangunan yang tepat untuk digunakan dan tidak perlu diragukan lagi kekuatannya untuk menopang suatu struktur bangunan. Biasa pun sebelum digunakan beton ringan ini mengalami suatu proses pengujian selama 28 hari, hal ini berguna untuk membuktikan bahwa beton tersebut memang layak untuk gunakan. Walau terkenal kokoh dan dapat diandalkan, namun anda harus tetap melakukan tindakan pencegahan agar struktur dari inti beton ringan tersebut tidak mudah keropos, retak bahkan patah. Salah satu tindakan yang paling banyak dilakukan dan termasuk kedalam tindakan pencegahan dan perawatan beton ringan ini adalah dengan jasa waterproofing dimana beton akan diberi lapisan waterproof yang tahan terhadap air. Mengapa hal ini dilakukan ? karena dalam beberapa kasus di temukan struktur beton ringan dapat keropos, retak akibat paparan dari air yang merusak beton tersebut.

Bagaimana menurut anda, tertarik untuk menggunakan beton ringan untuk proyek konstruksi anda ? dengan performa yang dimilikinya tentunya jawabannya pasti iya. Mari segera buktikan kehebatan dari si Ringan ini!