News

Trik Mudah Membuat Video Berkualitas Dengan Smartphone Android

Siapa bilang membuat video berkualitas harus dengan kamera profesional? Dengan bermodal smartphone Android pun dapat menghasilkan video yang berkualitas jika Anda mengetahui triknya.

Namun, tentu tidak sembarangan untuk dapat membuat video berkualitas dengan smartphone Android, ada beberapa hal perlu diperhatikan agar video yang dihasilkan tak kalah dengan kamera profesional, contoh satu ialah dengan menggunakan videoder untuk download video online. Nah, berikut ini akan kami ulas mengenai trik mudah membuat video yang berkualitas hanya dengan smartphone Android saja. Intip yuk!

6 Trik Membuat Video Berkualitas dengan HP Android

Trik Mudah Membuat Video Berkualitas Dengan Smartphone Android

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan berbagai trik untuk Anda yang suka buat video tapi tidak punya kamera khusus dan hanya dengan bermodalkan HP Andoid semua video yang akan Anda buat bisa berkualitas. Berikut informasinya.

1. Bersihkan kamera smartphone terlebih dahulu

Membersihkan kamera smartphone sebelum dipakai, mungkin terlihat sepele namun hal ini akan sangat mempengaruhi hasil rekaman. Dengan membersihkan kamera smartphone Android Anda sebelum dipakai, maka akan menghindari kemungkinan adanya noise selama perekaman. Hasil rekaman pun akan lebih jernih dan mulus.

Untuk membersihkan kamera smartphone, Anda dapat menggunakan kain yang lembut atau dapat juga menggunakan tisu agar kamera tidak tergores.

2. Lakukan pengaturan manual agar hasil rekaman kian mantap

Nah, setelah kamera dirasa sudah bersih maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk membuat video yang berkualitas adalah melakukan pengaturan manual pada menu Setting di smartphone Android. Lebih baik jika memilih kualitas video yang tinggi yaitu 1080p dan bagi Anda pengguna smartphone Android premium bahkan dapat memilih kualitas video berdasarkan frame per second atau fps-nya. Pilihlah pengaturan dengan kualitas video pada angka 1080p at 30fps.

3. Hindari mengaktifkan pengaturan EIS

Mengaktifkan Electrical Image Stabilization atau EIS, ternyata justru akan menurunkan kualitas video Anda. Jadi lebih baik menggunakan pengaturan manual saja, namun jika smartphone Android Anda mengusung fitur OIS (Optical Image Stabilization) akan lebih bagus lagi karena dengan mengaktifkan fitur ini maka video yang dihasilkan akan lebih maksimal dan berkualitas tentunya.

4. Gunakan tripod atau stabilizer agar terhindar dari guncangan

Salah satu kekurangan mengambil video dengan menggunakan smartphone Android adalah seringnya guncangan sehingga video yang di dapat tidak maksimal. Hal ini biasanya karena tangan Anda bergetar saat merekam, dan nyatanya guncangan sekecil apapun tetap akan mempengaruhi hasil rekaman Anda.

Nah, untuk menghindari hal tersebut dan Anda dapat membuat video berkualitas maka disarankan untuk menggunakan tripod saat merekam dengan smartphone Android. Dengan bantuan tripod dapat meminimalkan guncangan serta lebih membantu ketika Anda akan membuat video sendiri tanpa bantuan orang lain atau membuat vlog.

5. Untuk hasil maksimal rekam dengan posisi horizontal

Membuat video yang berkualitas menggunakan smartphone Android tentunya tidak dapat sembarangan, karena untuk hasil yang maksimal hanya dapat dilakukan dengan posisi horizontal. Hal ini karena untuk menghasilkan video yang lebih estetis serta nantinya akan lebih mudah ketika akan di upload pada channel YouTube atau sekadar di bagi di Instagram.

Merekam video dengan posisi horizontal juga dapat memudahkan Anda ketika akan mengedit vidoe karena tidak ada sisa border hitam yang dapat membuat tampilan video menjadi kurang menarik.

6. Berinovasilah dengan fitur slow motion

Nah, agar Anda dapat membuat video berkualitas seperti menggunakan kamera profesional, Anda dapat memanfaatkan fitur slow motion yang terdapat pada beberapa smartphone Android. Fitur tersebut biasanya tersedia secara built-it pada video di smartphone Android tertentu.

Anda cukup mengaturnya pada angka 60fps atau lebih tinggi dan hasil video yang Anda rekam pun akan berubah menjadi rekaman gerak lambat. Namun, jika smartphone tidak memiliki pengaturan ini, maka Anda dapat menggunakan aplikasi editing video yang dapat Anda download gratis melalui Google Playstore.

Bagaimana, mudah bukan? Yuk coba!