News

Tips Mencetak Yang Tepat untuk Hasilkan Poster Terbaik

 

Tips Mencetak Yang Tepat untuk Hasilkan Poster Terbaik

Pasti Anda pernah melihat poster yang terpampang di berbagai lokasi, tampilannya menarik dengan desain yang berkarakter. Bukan hal mudah untuk menghasilkannya, apalagi jika bertujuan untuk promosi atau pemberitahuan. Jika kamu ditugaskan untuk membuatnya, pastikan untuk mengikuti tips mencetak yang tepat agar hasilnya benar-benar memuaskan seperti di warujayaprinting .

 

Pastikan Desain Hingga Lokasi Print A1 Terdekat

 

Pastikan Desain Hingga Lokasi Print A1 Terdekat

Tips penting untuk mencetak poster adalah dimulai dari menentukan desain yang tepat, resolusi gambar harus maksimal, tentukan ukuran poster apakah A1 dengan harga print kertas A1 yang sesuai anggaran, A2, A3, atau A4, tentukan jenis file untuk mencetak, pakai vector, periksa font, dan pilih tempat mencetak yang terpercaya.

  • Tentukan Desain

Desain adalah kunci utama sebuah poster yang menarik, kamu pastikan untuk menggunakan jenis warna Cyan, Magenta, yellow, Black (CMYk), karena hasil warna akan lebih detil dan jelas. Lalu pastikan bahwa desain sudah sesuai dengan kebutuhan. Baik dari gambar yang dipilih hingga kata-kata yang dicantumkan.

  • Resolusi Gambar Maksimal

Sebaiknya buatlah file postel ukuran besar dengan resolusi 300 Dots Per Inch (DPI), sehingga ketika dicetak tidak blur. Pastikan untuk menggunakan Photoshop untuk mengatur resolusi tersebut.

  • Ukuran Poster

Banyak ukuran poster yang tersedia, kamu pastikan untuk memilih ukuran sesuai kebutuhan. Apakah menggunakan kertas A1 yang mungkin sering kamu pakai di jasa percetakan dan print A1 terdekat. Jangan lupa untuk memastikan juga ketebalan dari kertas yang dipakai, contohnya silk 170 gsm, atau bisa juga gloss art FSC dengan ketebalan 150 gsm.

  • Jenis File

Ada tiga jenis file yang bisa dimanfaatkan seperti PDF untuk resolusi 300 DPI, bisa juga format TIFF jika resolusinya 300 DPI. Tapi kalau kamu lebih nyaman menggunakan file JPEG juga tak masalah asalkan resolusinya sudah sangat tinggi.

  • Gunakan Vector

Vector sangat berguna untuk mencetak detil yang tajam dan jelas pada ukuran poster yang besar. Kamu bisa menggunakannya melalui aplikasi Adobe Illustrator.

  • Periksa Kata dan Font

Sebelum membawa desain akhir ke percetakan pastikan kembali untuk memeriksa jenis tulisan, warna, tata letak dari poster tersebut agar tidak salah.

  • Pilih Tempat Mencetak Terbaik

Pastikan untuk memilih percetakan yang sudah biasa menerima pesanan poster, tentunya harga yang ditawarkan akan berbeda dan mungkin lebih mahal dari tempat lain. Harga print kertas A1  akan beda dengan ukuran kertas lainnya, biasanya patokan harga berdasarkan desain, ukuran dan tingkat kesulitan.

Kalau kamu menerapkan semua tips untuk mencetak poster di atas maka hasilnya akan benar-benar sempurna baik dari segi warna, kejernihan hasil dan ketahanan dari bahan yang kamu pilih, apalagi kalau bekerjasama dengan jasa percetakan handal.