Kebun Teh di Jawa Timur yang Cocok Jadi Destinasi Wisata menggunakan sewa bus pariwisata
traveling

Tidak Kalah dari Puncak! Ini Beberapa Kebun Teh di Jawa Timur yang Cocok Jadi Destinasi Wisata

 

Berbicara tentang potensi wisata di Jawa Timur memang tidak ada habisnya. Mulai dari wisata pegunungan, pantai yang indah, hingga wahana buatan yang memanjakan para wisatawan. Tapi ada juga yang tidak kalah dari itu semua, yaitu wisata kebun teh. Provinsi paling timur di Pulau Jawa ini mempuyai sedikitnya beberapa titik kebun teh yang sudah terkenal dan layak dijadikan tujuan wisata. Buat kamu yang akan berkunjung ke Jawa Timur, sangat direkomendasikan untuk mampir ke kebun teh dan menikmati hawa sejuk yang menenangkan.

4 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur yang Ciamik

Biasanya kalau orang membicarakan kebun teh, maka referensinya selalu merujuk pada luasnya kebun teh di daerah Puncak, Bogor. Nah, Jawa Timur mempunyai kebun teh yang tidak kalah indah dibandingkan dengan yang ada di Bogor. Bahkan, mungkin pemandangannya akan lebih indah di Jawa Timur karena tempatnya yang masih asri, jauh dari hiruk pikuk, dan mempunyai hawa sejuk yang segar. Tidak usah menahan rasa penasaran, inilah 4 kebun teh yang siap jadi tujuan wisatamu!

1. Kebun Teh Wonosari, Malang

Wisatawan mana sih yang tidak familiar dengan nama Malang? Kota yang satu ini dikenal dengan tawaran tempat wisatanya yang sangat recommended bagi wisawatan. Salah satunya adalah wisata kebun teh yang terdapat di Desa Toyomarto, Kecamatan Wonosari, Malang. Saat mengunjungi lokasi wisata ini, pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan kebun teh yang sangat luas. Ada juga kebun binatang mini yang seolah ikut menyambut kedatangan wisatawan dari berbagai daerah. Oh ya, beberapa waktu lalu, pihak pengelola membangun jembatan kayu yang khusus untuk tempat selfie. Wah, dijamin keren deh!

2. Kebun Teh Gambir, Jember

Mari kita berpindah sedikit ke arah selatan Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Jember. Di sana pengunjung dapat mampir ke kebun teh Gambir yang terletak di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru. Pemandangan tanaman teh yang berjajar rapi seluas mata memandang membuat suasana hati pengunjung akan lebih tentram. Kalau datang ke kebun teh ini, jangan lupa bawa jaket penghangat ya, karena suhunya cukup dingin. Maklum, lokasinya terletak di ketinggian 900 mdpl dan berada di kaki Gunung Argopuro.

3. Kebun Teh Sirah Kencong, Blitar

Nama Blitar sangat dikenal karena identik dengan keberadaan makan Sang Proklamator, yaitu Bung Karno. Siapa sangka, ternyata Blitar juga punya kebun teh yang luasnya sampai 219 hektar. Lokasi persisnya berada di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Mata wisawatan siap-siap disejukkan dengan pemandangan panaroman hijau yang asri berbalut nuansa hotel pedesaan yang khas. Selain hamparan kebun, wisatawan juga dapat memanfaatkan beberapa fasilitas lainnya, seperti gazebo dan camping ground.

4. Kebun Teh Andung Biru, Probolinggo

Biasanya wisatawan yang menuju ke Gunung Bromo akan melalui Probolinggo. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa ternyata ada kebun teh indah yang bisa dijadikan tempat wisata, yaitu Kebun Teh Andung Biru. Kebun yang memiliki luas 300 hektar ini terletak di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Ada beberapa jenis tanaman teh yang ditanam di sana, seperti teh hijau, teh rengganis, dan teh kolas. Hawa sejuknya yang segar membuat suasana berkunjung ke tempat ini akan terasa lebih sempurna.

Itulah 4 wisata kebun teh di Jawa Timur yang recommended. Selamat berwisata!