News

Sertifikat ISO 9001, Apa Manfaatnya bagi Pemerintah dan Masyarakat?

 

Sertifikat ISO 9001, Apa Manfaatnya bagi Pemerintah dan Masyarakat?

Salah satu standardisasi internasional yang paling populer dan paling penting dimiliki oleh sebuah perusahaan adalah Sertifikat ISO 9001. Sertifikasi ini sendiri merupakan sebuah standar internasional dalam bidang sistem manajemen mutu.

Jika sebuah lembaga atau organisasi sudah mendapatkan akreditasi ISO ini, maka bisa dikatakan bahwa lembaga atau organisasi ini telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk atau jasa yang dihasilkan. Standar ini dapat diterapkan di berbagai organisasi baik besar maupun kecil, apa pun produk dan layanannya, apapun aktifitas yang dijalankannya, termasuk perusahaan bisnis, layanan publik hingga departemen pemerintahan. Tercatat ada lebih dari 1 juta perusahaan di seluruh dunia yang sudah mengantongi Sertifikat 9001 ini.

Apa Manfaat Sertifikat ISO 9001 bagi Pemerintah?

Jika awalnya ISO 9001 banyak dimiliki oleh organisasi bisnis terutama perusahaan manufaktur, kini sektor non bisnis pun sudah banyak yang mengadopsi. Banyak instansi pemerintah di Indonesia yang sudah menerapkan ISO 9001, seperti sektor kesehatan dan pendidikan. Karena Sertifikasi ISO 9001 sendiri berkaitan dengan manajemen mutu yang berkaitan dengan kredibilitas, efisiensi kerja dan berdampak pada kepuasan pelanggan, tentu saja sektor pemerintah juga penting menerapkan Sertifikasi ISO terutama ISO 9001 ini.

Sertifikat ISO 9001, Apa Manfaatnya bagi Pemerintah dan Masyarakat?

 

Seperti manfaat ISO 9001 pada umumnya, yakni jaminan kualitas produk dan proses, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan hubungan yang saling menguntungkan dan efisiensi biaya, keuntungan bagi pemerintah sendiri akan dirasakan pada peningkatan prosedur kerja institusi yang berimbas pada meningkatnya kinerja pegawai, membantu mengembangkan operasi instansi berdasar sistem paperless, sistem yang dikembangkan menjadi fleksibel, dapat menampung masukan para pegawai dan mampu menjalankan tugas dan fungsi dengan baik.

Sertifikat ISO 9001, Apa Manfaatnya bagi Pemerintah dan Masyarakat?

Apa Manfaat Sertifikat ISO 9001 bagi Masyarakat?

Sebaliknya, apa manfaat yang bisa didapat masyarakat jika pemerintah menerapkan ISO 9001 di instansinya? Tentu saja jika instansi pemerintah seperti instansi kesehatan dan pendidikan sudah mengantongi Sertifikasi ISO 9001, maka kita sebagai masyarakat akan lebih percaya dan loyal karena akan merasa mendapatkan layanan yang maksimal, sesuai standar mutu internasional.