BLog

Seputar Info Bus Pariwisata: Terunik hingga Termewah

Bus Pariwisata hingga kini masih menjadi salah satu pilihan transportasi perjalanan jauh bagi masyarakat. Harga tiket perjalanan bus pariwisata cenderung lebih murah dibanding transportasi lain seperti pesawat atau kereta api. Kita mungkin hanya mengetahui bus pariwisata pada umumnya yaitu mobil besar yang membawa penumpang dalam jumlah banyak. Namun, tahukan Anda bahwa kini banyak PO bus pariwisata yang telah berinovasi?

Bus Pariwisata

Berikut merupakan info bus pariwisata, dari yang terunik hingga termewah yang menarik untuk disimak!

Info Bus Pariwisata Terunik

Info bus pariwisata terunik pertama datang dari Ibu Kota Jawa Barat, Bandung. Terdapat bus khusus wisata daerah Bandung bernama Bandros (Bandung Tour on the Bus) yang sangat unik. Konsep Bus wisata ini berangkat dari kota Bandung yang memiliki beragam kota wisata namun tidak memiliki transportasi umum untuk menunjang wisata tersebut. Ridwan Kamil yang saat itu menjabat sebagai wali kota Bandung kemudian mendesain bus unik untuk membantu wisatawan mengelilingi kota Bandung.

Bus ini diresmikan pada tahun 2014 dengan kapasitas 30-40 orang. Model bus sangat unik dengan konsep klasik ala eropa. Bila umumnya bus berwarna putih atau abu-abu, bus Bandros memiliki warna eye catching seperti merah, kuning dan hijau.

Info Bus Pariwisata Terunik

Terdapat dua tingkat dalam bus Bandros. Di lantai pertama, hanya terdapat enam kursi bulat dan satu kursi panjang dan balkon terbuka dimana turis bisa berdiri sambil menikmati angin sejuk kota Bandung. Selanjutnya di lantai kedua, jumlah kursi lebih banyak dengan bentuk terbuka. Harga tiket bandros ini juga terlampau murah. Cukup membayar Rp 25.000, Anda sudah bisa mengelilingi kota Bandung yang penuh dengan objek wisata ini.

Inovasi Bandros ini ternyat menjadi perhatian masyarakat Jawa Barat. Akhirnya, pada bulan Desember tahun 2018 silam, Ridwan Kamil yang kini menjadi Gubernur Jawa Barat menjanjikan bus wisata unik semacam Bandros yang akan beroperasi di seluruh daerah Jawa Barat. Proyek bus unik ini sudah dimulai di awal tahun 2019 dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2024. Harapannya, kehadiran bus wisata Jawa Barat ini dapat meningkatkan pertumbuhan pariwisata Jawa Barat.

Bus Pariwisata Termewah, Sleeper Bus

Sleeper Bus

Selanjutnya adalah info bus pariwisata termewah. Umumnya bus pariwisata hanya berbentuk bus besar dengan jumlah kursi yang banyak. Hiburan yang dapat ditawarkan hanyalah musik dan televisi untuk beberapa bus. Orang-orang pun terkadang malas menggunakan bus pariwisata karena tidak ingin berlama-lama di jalan menerjang kemacetan atau jalan-jalan rusak. Hal ini tentu membuat tubuh terasa pegal-pegal ketika sudah sampai di tujuan.

Namun, badan Anda tidak akan pegal-pegal juga Anda tidak akan bosan ketika melakukan perjalanan dengan Sleeper Bus. Bus ini mengambil konsep bus yang menyediakan tempat tidur untuk penumpang. Oleh karena itu, penumpang dapat merebahkan tubuh sesuka hati dan tidak akan merasa keram kaki. Ketika melakukan perjalanan jauh dengan bus pariwisata, Bus harus berhenti di beberapa rest area agar penumpang bisa pergi ke toilet. Hal ini membuat durasi perjalanan menjadi semakin terhambat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang toilet ketika menaiki Sleeper Bus karena bus ini menyediakan toilet di dalam bus! Bus ini juga menyediakan wifi agar Anda bisa tetap terhubung dengan sosial media Anda. Terdapat juga fasilitas mewah lain seperti karaoke, mini bar dan kursi pijat yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Saat ini, perusahaan Otobus Indonesia yang menyediakan Sleeper Bus adalah Otobus Brillian dan Harapan Jaya.