News

Permainan Playground Dan Manfaat Di Dalamnya

permainan-playground-dan-manfaat-di-dalamnya

Siapa yang tak ingin melihat anaknya senang ketika bermain. Bermain telah menjadi aktivitas utama bagi anak. Seperti kata nenek moyang, dunia anak adalah bermain. Sudah banyak tempat yang bisa dijadikan suatu permainan, salah satunya adalah playground anak.  Kegiatan bermain di playground anak bukan hanya bersenang-senang, namun juga bermanfaat bagi tumbuh kembang dan ketangkasan serta kreatifitas. Terdapat 2 jenis playground yakni indoor dan outdoor. Keduanya sangat menyenangkan dan tidak bakal ditolak oleh anak.

Begitu banyak manfaat jika anak bermain di playground anak, dibawah ini ada beberapa manfaat bermain berdasarkan permainan playground, diantaranya.

  1. Ayunan

Ayunan adalah salah satu permainan yang terkenal di playground anak, permainan ini sangat umum diarea playground baik itu playground indoor maupun outdoor. Bisa dibilang permainan yang satu ini merupakan aktivitas yang bisa membantu perkembangan anak. Dengan adanya permainan ayunan, si kecil akan belajar  bagaimana ia menjaga kesimbangan. Selain itu kegiatan ini juga mengajak mereka untuk memperkuat motoric. Diantarnya kekuatan genggaman dimana ketika berayun si anak akan berpegangan pada tali atau rantai ayunan. Kemampuan otot kaki juga memberikan dorongan yang bisa mempekuat otot kaki si anak.

  1. Tangga

Salah satu permainan yang banyak dimainkan oleh anak, yaitu tangga. Tangga merupakan permainan playground yang berbentuk melengkung dan memiliki macam-macam warnanya. Permainan yang satu ini mampu melatih keseimbangan anak, memperkuat kaki dan tangan, melatih kesabaran dan mengenal warna.

  1. Jungkat- Jungkit

Selain tangga, jungkat-jungkit merupakan permainan playground yang kerap diaplikasikan berbagai tempat arena bermain. Permainan yang satu ini dapat melatih motorik kasar anak, sosialisasi anak, dan keseimbangan.

  1. Terowongan

Terowongan merupakan jenis mainan playground yang bisa melatih keberanian. Permainan ini terbuat dari tong yang tersambung dan di cat sedemikian rupa yang berbahan plastik dan fiber. Melihat manfaat dari mainan terowongan, anda pun bisa memilih permainan ini untuk menghibur anak.

  1. Panjat Tali

Permainan ini seperti yang digunakan oleh tentara untuk latihan. Namun, panjat tali untuk permainan playground agak sedikit berbeda. Biasanya berbentuk segitiga dan memiliki ketinggian bisa mencapai 1 hingga 1.5 meter. Permainan yang satu ini dikhususkan untuk anak usia 5 hingga 12 tahun. Manfaat dari permainan ini untuk melatih keberanian dan kekuatan kaki dan tangan anak.

  1. Perosotan

Salah satu permainan yang menjadi favorit bagi anak adalah perosotan. Perosotan atau seluncuran anak ini sanga bermanfaat untuk melatih keberanian, keseimbangan dan ketertiban.

 

Itulah beberapa permainan playground beserta manfaatnya. Anda bisa menemukan mainan anak tersebut di sekitar anda. Seperti di taman bermain, mall terdekat, restoran siap saji, dan masih banyak lagi. Bermain bersama anak menjadi waktu yang paling menyenangkan. Jadi, siapkan waktu anda bersama anak. Have fun!!