News

Mengenal Jenis-Jenis ID Card, Ternyata Sangat Beragam Loh!!

ID card adalah sebuah benda yang berukuran kecil yang biasanya dipakai bersama tali ID card yang mempunyai fungsi yang sangat banyak. Selain berfungsi untuk tanda pengenal karyawan pada sebuah perusahaan, ID card ini juga biasa digunakan sebagai kartu tanda siswa di sekolah maupun kartu mahasiswa pada suatu universitas. ID card ini sendiri terbagi menjadi berbagai jenis. Disetiap jenis juga mempunyai fungsi yang berbeda. Kira-kira apa saja jenisnya dan apa  perbedaan kartu tersebut? mari kita bahas bersama-sama tentang jenis-jenis ID card.

Mengenal Jenis-Jenis ID Card, Ternyata Sangat Beragam Loh!!

Macam-Macam Jenis ID Card

1. Kartu biasa

Jenis ID card ini sudah sangat banyak digunakan baik perusahaan maupun pada suatu even untuk tanda pengenal biasa. Didalamnya hanya terdapat data pemilik kartu seperti nama, foto, jabatan dan nama perusahaan. Terdapat pula tali ID card yang juga dipakai sebagai asesorisnya.

2. Kartu magnetik

Pada kartu ini terdapat panel hitam pada bagian belakang kartu. Kartu jenis ini dapat menyimpan data rahasia pemakainya. Cara penggunaannya cukup mudah, hanya dengan menggesekan atau memasukan kartu pada alat yang khusus untuk magnetic rider ketika digunakan untuk bertransaksi. Contohnya adalah kartu kredit.

3. Kartu proximity

Dari segi bentuk, jenis kartu ini hampir mirip seperti kartu biasa. Tetapi ada sedikit perbedaanya yakni Didalam kartu ada chip atau ada program di dalam kartu tersebut.biasanya kartu ini digunakan untuk akses pintu otomatis.

4. Kartu Mifare

Jenis kartu yang terakhir adalah jenis kartu semi konduktor, dimana kartu ini sering sekali digunakan untuk akses parkir, sistem absensi, tiket elektronik, kartu tol dan masih banyak lagi. Kartu ini juga dapat menyimpan data berupa nama, sidik jari dan no ID. Bagi perusahaan besar kartu ini digunakan untuk absen, dengan cara menaruh kartu pada mesin pembaca. Maka otomatis mesin akan membaca data pegawai tersebut. Karena kartu ini sangat penting jangan lupa untuk melengkapinya dengan tali ID card supaya tidak mudah hilang dan terjatuh.

info lebih mengenai tali silahkan kunjungi Infoproduksi.com