BLog

Kenalan Yuk Sama Empat Maestro Lukis Asal Indonesia!

Lukisan merupakan sebuah hasil karya tangan para pelukis yang ditunjukan untuk mengekspresikan apa yang dia pikirkan dan rasakan. Dibandingkan negara-negara lain, tidak banyak seniman-seniman lukis asal Indonesia yang karyanya bisa diterima secara luas di dunia kesenian internasional hanya beberapa nama yang diakui dan menyandang gelar Maestro Lukis Indonesia, dan pastinya kalo soal membuat kerajinan dari barang bekas mereka ahlinya.

Tidak mudah menjadi seseorang yang dipandang sebagai maestro, butuh kerja keras, semangat pantang menyerah, percaya diri, siap menghadapi segala tantangan serta menjiwai. Seseorang yang seperti itu akan sampai kepada titik dimana karya-karyanya diakui keindahannya oleh oleh banyak orang.

Para Pelukis Handal asal Indonesia

Kenalan Yuk Sama Empat Maestro Lukis Asal Indonesia!

Terdapat beberapa maestro lukis Indonesia yang karyanya diapresasi sampai tingkat internasional, bahkan karya-karyanya terpajang di museum-museum luar negeri sampai dengan lemari koleksi privat seseorang, berikut ini nama-namanya:

  • Affandi Koesoema

Affandi lahir di Cirebon pada tahun 1907 dan wafat pada 1990, pada masa keemasannya di tahun 1950an Affandi pernah menyelenggarakan pameran lukisan tunggal di Prancis, Amerika Serikat, Eropa bahkan ke Amerika Selatan. Maestor lukis ini terkenal dengan teknik menulisnya yang tidak wajar, Affandi melukis dengan tidak menggunakan kuas, ia melukis dengan menggoreskan cat langsung daritube kemudian menyapu cat di atas kanvas dengan jemarinya. Semasa hidupnya Affandi telah menghasilkan lebih dari 2.000 karya lukisan.

  • Basuki Abdullah

Basuki Abdullah merupakan pelukis bergaya naturalis realis yang lahir pada 25 Januari 1915 dan wafat pada 5 November 1993. Salah satu prestasi yang membanggakan bagi dunia lukis Indonesia adalah ketika pada tahun 1948 Basuki terpilih menjadi pemenang dalam kontes melukis yang diadakan pada saat penobatan Ratu Yuliana mengalahkan 87 pelukis eropa lainnya. Basuki juga pernah diangkat sebagai pelukis kerajaan Thailand pada 1960an dan menjadi pelukis resmi di Istana Merdeka pada 1974. Tidak hanya Thailand dan Indonesia, Basuki juga diminta untuk melukis beberapa pimpinan negara di kawasan Asia Tenggara. Semasa aktif Basuki juga kerap menyelenggarakan pameran lukisan di dalam dan luar negeri.

  • Abdullah Suriosubroto

Abdullah Suriosubroto lahir di Semarang pada tahun 1878, Abdullah merupakan anak angkat dari Pahlawan Nasional Indonesia yaitu dr. Wahidin Sudirohusodo. Pada awalnya Abdullah mengenyam pendidikan sebagai dokter di Indonesai dan Belanda tetapi saat berkuliah di Belanda ia memutuskan untuk menekuni seni lukis dan memilih masuk ke sekolah seni rupa. Maestro lukis Indonesia ini terkenal dengan lukisannya yang bertema pemandangan alam, Abdullah termasuk pelukis yang memiliki aliran “Mooi Indie” atau “Hindia Indah”, ia meninggal dunia pada tahun 1941 di Yogyakarta

  • Agus Djaya

Agus Djaya merupakan seorang pelukis terkenal di Indonesia yang sempat mengenyam pendidikan di Akademi Rijks (Academy of Fine Art), Amsterdam, Belanda. Agus juga sempat berkenalan dengan beberapa seniman besar dunia seperti Ossip Zadkine pematung tersohor dari Polandia dan Pablo Picasso pelukis besar asal Italia. Selepas pulang belajar dari Belanda, Agus mendirikan Persatuan Ahli Gambar Indonesia (Persagi) yang merupakan organisasi di bidang seni rupa pertama di Indonesia, Agus juga mendirikan sebuah galeri pribadi di Bali. Selain aktif di dunia seni rupa, pada masa Revolusi Kemerdekaan Republik Indonesia Agus Djaja merupakan anggota tentara aktif berpangkat Kolonel Intel dan F.P. (Persiapan Perang).

Itulah empat Maestro Lukis Indonesia asal Indonesia yang karya-karyanya dikenal luas baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sempatkan diri untuk datang ke pameran lukisan para maestro ini sekali seumur hidup untuk melihat keindahan karya mereka.