News

Cara Mudah Membuat Desain ID Card dengan Coreldraw

ID Card merupakan kartu pengenal sebagai penanda dalam sebuah organisasi atau korporasi. Dengan menggunakan kartu ini, setiap orang yang berlalu-lalang di lingkungan tersebut dapat dikenali. Oleh karena itu, desain ID Card dan tali ID Card harus jelas terbaca. Desain ID Card yang terlalu kecil akan menyulitkan pihak keamanan dalam mengenali seseorang yang menggunakannya.

Desain ID Card secara umum mirip dengan kartu nama dengan penambahan sedikit pada beberapa desain. Oleh karena itu, pembuatan desain pada produk ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Aplikasi desainer grafis seperti CorelDraw dengan mudah dapat membuat desain ini. Desain ID Card pada dasarnya hanya berisi informasi nama, pekerjaan, logo perusahaan, dan foto. Terkadang tali pada ID Card juga perlu didesain karena ukuran tali yang besar dan cukup mencolok.

Cara Desain ID Card dengan CorelDraw

CorelDraw merupakan aplikasi desainer grafis yang banyak digunakan para profesional. Program pengolah grafis 2D ini bahkan dapat diintegrasikan dengan berbagai peralatan canggih seperti mesin potong, mesin laser, mesin ukir, bordir dan yang lain. Tetapi secara umum, CorelDraw banyak digunakan untuk desain yang berbasis kertas seperti undangan, ID Card, kartu nama, faktur dan yang lainnya. Cara desain ID Card dan tali pada ID Card dengan menggunakan CorelDraw sama mudahnya saat membuat desain berbasis kertas yang lain.

 

Cara Desain ID Card dengan CorelDraw

1. Ukuran Tali ID Card

Tentukan ukuran ID Card dan tali sesuai pesanan atau ukuran secara umum. Gunakan satuan milimeter untuk mengukur tingkat presisi.

2. Desain

Untuk mempermudah desain, carilah informasi contoh desain ID Card di internet sebagai referensi untuk memudahkan pekerjaan. Buatlah logo perusahaan sesuai dengan logo yang digambar ulang dari unduhan di internet.

3. Tipografi

Buatlah tipografi dengan pemilihan bentuk dan besar huruf yang serasi dan mudah dibaca. Sebab hal utama yang dipentingkan pada ID Card adalah kemudahan dalam membaca dan menandai. Jangan gunakan huruf miring atau handwrite atau ornamen huruf yang menyulitkan untuk dibaca.

4. Ornamen

Ornamen bisa ditempatkan pada ID Card dan tali ID Card. Pelajari lebih lanjut, bahwa ornamen tersebut jangan mengganggu tulisan atau informasi penting yang terdapat pada ID Card. Gunakan referensi yang terdapat pada internet untuk memudahkan pekerjaan.