News

Cara Menciptakan Kerajinan Clay Dari Berbagai Bahan Mudah

Kerajinan clay saat ini telah banyak ditemukan dalam berbagai bentuk menarik. Tampilan clay tersebut mendorong seseorang memakainya sebagai dekorasi rumah, hadiah, souvenir, gantungan kunci dan masih banyak lagi. Peluang yang dihasilkan dari tampilan clay tersebut membuat orang berlomba untuk berbisnis dengan kerajinan ini. Bahkan ada yang rela membuatnya sendiri untuk kepentingan dekorasi dan sarana edukasi anak.

2 Langkah Mudah Menciptakan Clay

Cara Menciptakan Kerajinan Clay Dari Berbagai Bahan Mudah

Kerajinan clay yang mampu mendatangkan peminat ternyata mudah membuatnya. Bahan untuk membuatnya juga bisa dicari dimana saja. Tidak seperti dahulu ketika bahan dasarnya masih memakai tanah liat. Sekarang, tepung saja bisa dipakai untuk clay, dan bahan lainnya. Yang pasti kegiatan membuat clay ​​akan begitu menyenangkan, tidak khawatir tangan menjadi kotor oleh tanah.

Seperti apakah teknik pembuatan kerajinan clay dengan bahan aksesoris dari selongsong peluru bekas? Berikut ini akan tersaji lengkap langkah pembuatannya, dengan tahapan yang rinci.

1. Clay Dari Bahan Tepung Terigu

Pembuatan clay itu membutuhkan bahan yang cukup kalis. Dengan begitu desain akan mudah didapatkan. Terlebih lagi bahan berupa tepung terigu, harus benar-benar kalis. Bagaimaina membentuk tepung terigu supaya kalis secara sempurna?  Berikut ini penjelasannya:

Anda harus siapkan bahan terlebih dahulu. Bahannya berupa: tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras, dengan ukurannya masing-masing 80 gram. Serta bahan tambahan berupa lem putih sebanyak 800 gram. Ketika semua bahan telah terkumpul, segera siapkan wadah yang cukup untuk menampung tiga jenis tepung.

Campurkanlah tiga tepung tersebut jadi satu. Lalu, segeralah ayak tepung supaya segala kotoran dapat luruh, dan tesktur tepung begitu lembut. Setelah selesai diayak, segera tambahkan lem ke dalam tepung yang telah diayak. Secara perlahan tepung dan lem terus Anda buat adonan sampai kalis, dengan cara diuleni.

Ketika tepung sudah kalis, kini clay sudah berhasil Anda dapatkan. Nah, dari sinilah bisa dimulai untuk membentuk clay sesuka hati. Clay dari tepung, warna yang dihasilkan masih putih. Warna-warna indah clay tepung bisa diperoleh dengan memberinya pewarna. Anda dapat membagi beberapa adonan untuk diberi aneka warna. Cara mencampurnya tetap diuleni seperti sebelumnya.

2. Clay Dari Bahan Sabun

Kerajinan clay dari sabun, nantinya akan menghasilkan barang yang lembut. Maklum saja, karena bahan dasar berupa sabun, banyak mengandung unsur minyak serta parafin. Lalu, apakah cara pembuatan sama seperti dengan tepung?

Jelas saja hampir sama, langkah pertama kesiapan bahan harus tersedia. Anda bisa siapkan sabun batang, tepung, lem putih, garam secukupnya, dan pewarna. Lalu, ambil sabun ,dan potong sabun kecil-kecil. Hasil irisan sabun tersebut, langsung saja dilakukan parendaman.

Proses perendaman membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam. Setelah batas waktu tersebut sabun berubah lembek. Anda dapat buang air rendaman secara perlahan, supaya sabun tidak ikut tumpah. Kini sabun tidak lagi terendam air, seketika itu juga segera masukkan lem, terigu dan garam secukupnya.

Anda bisa memasukkan ketiga bahan tersebut secara perlahan, supaya tidak terlalu kental atau encer. Saat semua bahan sudah sempurna untuk clay . Warna cantik segera tambahkan.

Sekarang Anda dapat membuat clay secara mandiri. Karena bahan dan cara pembuatan begitu sederhana. Ketika Anda berkreasi bersama si kecil juga aman. Anak dijamin akan betah di rumah, serta daya kreatifitas akan meningkat. Kerajinan clay itu memang uniknya tiada dua. Setelah jadi, hasil begitu menarik tergantung dari desain serta warnanya.