BLog

Berhenti Merokok Sekarang, Penyakit-Penyakit Ini Akan Mengintaimu Jika Tidak Segera Berhenti!

 

Berhenti Merokok Sekarang, Penyakit-Penyakit Ini Akan Mengintaimu Jika Tidak Segera Berhenti!

Aktivitas merokok sejak lama sudah menjadi kebutuhan pokok sebagian masyarakat dunia, tidak terkecuali masyarakat Indonesia. Mengapa sampai dibilang kebutuhan pokok? Karena banyak perokok yang lebih memilih membeli sebungkus rokok dibanding membeli makanan. Padahal ia tahu, justru makan itulah kebutuhan pokoknya sebagai manusia. Namun ironisnya, mau dari kalangan ekonomi menengah ke bawah atau orang kaya sekalipun jika sudah menjadi pecandu rokok, tanda “Dilarang merokok” tidak memupuskan keinginan mereka untuk mengisap sebatang rokok.

Penyakit yang Mengintai Perokok Aktif

 

Penyakit yang Mengintai Perokok Aktif

Rokok mengandung banyak zat-zat kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Perokok sebenarnya terbagi menjadi 2, perokok aktif dan perokok pasif. Ada banyak penyakit yang rentan diidap seorang perokok aktif, berikut di antaranya.

1. Kanker Paru-paru

Kanker Paru-paru paling sering disebabkan oleh kebiasaan merokok. Zat beracun seperti Nikotin dan Tar yang ada dalam sebatang rokok menjadi pemicu tumbuhnya sel kanker. Semakin sering Anda merokok, maka resiko kerusakan jaringan paru-paru akan semakin meningkat. Inilah yang kemudian menyebabkan tumbuhnya sel-sel kanker.

2. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

PPOK menjadi salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada perokok aktif. Penyakit ini menyebabkan penderitanya kesulitan bernapas karena terhalangnya aliran udara dari paru-paru.

3. Penyakit Jantung

Zat Nikotin dan Karbon Monoksida adalah dua faktor utama yang menyebabkan terganggunya suplai darah pada jantung. Zat-zat ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan rusaknya lapisan jantung. Serangan jantung seringnya terjadi pada perokok aktif.

4. Hipertensi

Hipertensi banyak disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang buruk, termasuk kebiasaan merokok. Kandungan Nikotin menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan penumpukan plak. Akibatnya jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tanda Dilarang Merokok Bukan untuk Diacuhkan

Tanda Dilarang Merokok Bukan untuk Diacuhkan

 

Banyak kita temui rambu “Dilarang merokok” di tempat-tempat umum. Larangan merokok sendiri bukan hanya untuk mengingatkan perokok aktif untuk mengurangi kebiasaan merokoknya, namun juga untuk menyadarkan mereka bahwa banyak anak-anak dan orang-orang sehat yang rentan menjadi perokok pasif karena kecerobohannya.

Menghirup asap rokok saja sudah sangat berbahaya. Meski Anda tak acuh akan larangan dilarang merokok dari gosign.co.id , setidaknya pikirkan kembali betapa bahayanya asap rokok yang Anda hembuskan bagi kesehatan orang-orang di sekitar Anda, terutama anak-anak.