Arti Backlink
News

Apa Arti Backlink, Fungsi, Dan Cara Melakukannya?

Siapapapun yang mengelola web, atau paling tidak blog pasti menginginkan situs webnya mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya. Apalagi bagi mereka yang mempunyai tujuan khusus dalam membuat situs web tersebut, misalnya seperti membuka jasa atau jualan online. Banyaknya jumlah pengguna internet yang mengunjungi web mereka tentunya akan mempengaruhi keberhasilan bisnis yang dikelola. Oleh karena itu, para pemililik web perlu meningkatkan performa web mereka dengan melakukan SEO (Search Engine Optimization) dan salah satu caranya adalah dengan membangun backlink.

Apa Itu Arti Backlink Dan Fungsinya?

Backlink adalah tautan berupa link atau URL yang berasal dari sebuah situs web yang memiliki keterikatan (saling terhubung) dengan situs web lainnya. Dalam dunia SEO, backlink mempunyai fungsi dan peranan yang cukup menentukan keberhasilan suatu situs web dalam meraih peringkat teratas di suatu hasil pencarian mesin pencari. Dengan membuat backlink, maka setiap pemilik web bisa memancing pengguna internet dalam jumlah yang cukup besar untuk mengunjungi web mereka. Keberadaan sebuah situs web di dalam halaman mesin pencari serta peringkatnya adalah suatu hal yang diinginkan oleh pemiliki web, karena dengan begitu webnya akan menjadi lebih populer dan mendapatkan banyak pengunjung. Jika jumlah pengguna internet yang mengunjungi web mereka terus meningkat, maka mereka bisa menjalankan bisnis onlinenya menjadi lebih sukses lagi.

Bagaimana Cara Membangun Backlink?

Setelah memahami apa itu arti backlink yang sebenarnya, ada kemungkinan kamu bisa melakukannya. Sebenarnya tak ada cara baku yang menjamin 100% bahwa web kamu pasti akan mendapatkan performa yang lebih baik. Jika kamu sudah mengetahui fungsi backlink yang sebenarnya adalah menyebarkan link atau suatu laman dari web untuk membuatnya mendapatkan banyak pengunjung, pasti hal pertama yang muncul di kepalamu adalah membagikan link atau tautan tersebut di berbagai akun media sosial yang kamu miliki. Ya, memang benar cara seperti ini merupakan cara sederhana dan paling mudah untuk dilakukan.

Tetapi, percuma saja jika tidak ada satu orang pun yang merespon atau merasa tertarik dengan isi konten yang kamu bagikan. Oleh karena itu, pastikan kamu telah berteman dengan orang – orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan konten yang kamu bagikan, atau buatlah konten yang sekiranya bisa menarik perhatian teman – teman di media sosial kamu. Itu adalah cara mudah dan paling sederhana dalam membangun backlink. Selain cara seperti itu, masih ada berbagai cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar peluang keberhasilan dan memang lebih baik kamu melakukan lebih dari satu cara. Meskipun kamu lebih suka mengandalkan orang lain, misalnya seperti penyedia layanan jasa seo murah terbaik dan berkualitas, tak ada salahnya untuk mempelajari cara membangun backlink supaya kamu sendiri bisa mengevaluasi atau menilai kinerja jada yang kamu gunakan tersebut.

Untuk membangun backlink, kamu bisa menjadi guest blogger. Guest blogger adalah kegiatan yang dilakukan di dalam blog atau web orang lain dengan membantu si pemiliknya membuat konten. Kamu bisa mengajukan kerja sama kepada seorang pemilik blog yang sudah cukup populer dan dikenal banyak orang untuk menjadi penulis artikel dalam beberapa waktu. Momen seperti ini tentunya dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan blog yang kamu miliki atau sengaja membuat konten yang berkaitan dengan konten blog kamu. Sehingga kamu bisa menautkan sebuah link yang terhubung ke blog kamu. Dengan begitu, kamu bisa memancing pengunjung blog tersebut untuk membuka link tersebut dan masuk ke laman web kamu.

Jadi, setelah memahami apa arti backlink serta cara melakukannya, apakah kamu tertarik untuk mencoba membangunnya sendiri?