News

Alasan Mengapa Sebaiknya Gunakan Roller Blind

Ada salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam sebuah ruangan, yaitu pencahayaan. Ruangan yang baik adalah ruangan yang pencahayaannya cukup, tidak terlalu kurang dan tidak pula terlalu berlebihan. Cara pengaturan cahaya yang paling efektif adalah dengan menggunakan tirai.

Alasan Mengapa Sebaiknya Gunakan Roller Blind

Namun, perlu disadari bahwa tirai tidak hanya berfungsi sebagai penutup jendela, melainkan juga dapat sebagai ornamen yang bisa menciptakan nilai estetika ruangan. Maka dari itu, pemilihan tirai sangat penting. Jenis tirai yang paling direkomendasikan untuk digunakan di ruangan adalah roller blind atau tirai gulung. Mengapa? Simak alasannya di bawah ini!

5 Kelebihan Roller Blind untuk Ruangan

Fungsi utama tirai gulung memang untuk mengatur pencahayaan dari luar yang masuk ke ruangan. Tapi, keberaan tirai yang terpasang di jendela dapat mempengaruhi keindahan interiror ruangan. Coba bayangkan, pasti akan berbeda antara jendela yang menggunakan tirai gulung dengan penutup kain biasa. Oleh karena itu, kamu harus jeli dalam memilih tirai. Sebaiknya, gunakanlah tirai gulung untuk dipasang di jendela. 5 kelebihan ini akan menjadi alasan mengapa kamu sebaiknya menggunakan tirai gulung daripada tirai jenis lainnya.

1. Pemasangannya Mudah

Jangan bayangkan tirai gulung rumit pemasangannya. Sebab, jenis tirai yang satu ini justru sangat mudah untuk dipasang di jendela. Ketika sudah mendapatkan tirai gulung yang terbaik, pemasangannya cukup dengan menempelkan sisi ujungnya pada pengait yang sudah disiapkan. Tidak dibutuhkan alat yang sulit dalam pemasangannya. Tapi, jika kamu tidak yakin bisa memasangnya sendiri, kamu dapat menggunakan jasa pemasangan tirai profesional agar hasilnya lebih bagus.

2. Pengoperasiannya Sederhana

Untuk menggunakan tirai gulung sangatlah mudah. Caranya kamu tinggal tarik tali di sisi tirai untuk membuka atau menutup tirai. Bagian katupnya yang menggulung di sisi atas itu akan menjulur ke bawah saat ditutup, dan akan tertarik ke atas lagi saat dibuka. Jadi, secara sederhana, pengoperasiannya hanya mengandalkan tali pengaitnya. Kamu tidak perlu susah-susah menjulurkan katup tirai secara manual.

3. Gampang Dibersihkan

Tirai gulung berbeda dengan tirai kain yang tebal dan susah dibersihkan. Untuk membersihkan tirai gulung kamu bisa gunakan kemoceng atau kain lap bersih, kemudian usapkan pada seluruh permukaannya. Jadi, kamu tidak perlu membongkar semua bagian tirai hanya untuk membersihkan. Meskipun tirai dalam keadaan terpasang tetap bisa dibersihkan. Yang penting tetap hati-hati dalam pembersihannya, terutama saat memanjat untuk membersihkan bagian atasnya.

4. Terlihat Lebih Elegan

Banyak kantor eksekutif menggunakan roller blind murah ruang kerja. Memang tirai jenis ini identik dengan ruang yang elegan. Setiap orang di dalam ruangan akan mendapatkan kesan yang berbeda saat mendapati tirai gulung terpasang di jendela. Keberadaan tirai gulung dapat menambah kesan lebih elegan. Makanya, lebih baik gunakan saja tirai gulung daripada tirai jenis lainnya.

5. Tahan Lama

Bahan pembuat tirai gulung memiliki daya tahan yang sangat kuat. Bahannya tidak mudah rusak, meskipun sudah dipakai bertahun-tahun. Jangan dibayangkan tirai ini bisa rusak karena rayap, karena bahannya dijamin bebas rayap. Itulah yang membuat tirai ini bisa kamu jumpai di kantor-kantor yang sudah lama sekalipun. Makanya, segera beralih ke tirai gulung jika kamu menginginkan tirai yang awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak.

Itulah beberapa kelebihan yang menjadi alasan mengapa kamu sebaiknya beralih menggunakan roller blind atau tirai gulung. Jadi, kalau kamu ingin mengganti tirai  lama di ruang kerja, kamar, atau ruang tamu di rumah, pilihlah tirau gulung yang berkualitas!